BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Tidak
dapat dipungkuri bahwa kemajuan teknologi sangat berperan dalam kehidupan
manusia. Kemajuan teknologi dengan kehidupan manusia seakan-akan tidak dapat
dipisahkan. Dengan kemajuan teknologi kita dapat memperoleh berbagai informasi
yang ada di belahan dunia. Kemajuan teknologi tentunya menyebabkan perubahan
yang begitu besar terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut masyarakat,
termasuk gaya hidup dan pola pikir masyarakat.
Teknologi
diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Teknologi memiliki
berbagai macam jenis yang tidak terhitung jumlahnya. Salah satu contoh
teknologi yang paling populer pada era globalisasi ini adalah gadget.
Beberapa
orang pernah bahkan sering mendengar kata “gadget”. Namun tidak banyak diantara
mereka yang mengerti apa yang dimaksud dengan gadget itu sendiri dan dampak
yang ditimbulkan oleh keberadaannya pada dunia pendidikan saat ini.
Selain
itu kami juga memilih gadget sebagai pokok bahasan dikarenakan banyaknya
peminat gadget bagi para remaja. Beberapa tahun yang lalu gadget hanya dimiliki
oleh kalangan pembisnis untuk kelancaran pekerjaannya. Namun, sekarang gadget
telah dimiliki oleh setiap kalangan khususnya para remaja yang masih bersandar
di bangku sekolah. Hal ini dikarenakan bentuk gadget yang beraneka ragam dan
sangat menarik serta memiliki berbagai fungsi selain untk berkomunikasi juga
untuk berbagi, mencipta, dan menghibur dengan audio, video, gambar, tulisan,
musik, dan sebagainya.
Pada
era globalisasi saat ini, banyak para siswa maupun siswi yang menggunakan
gadget berlebihan yang dapat menghambat berjalannya pendidikan. Berdasarkan
permasalahan tersebut kami tertarik untuk meneliti yang berjudul “Pengaruh Gadget Pada Siswa Kelas X IPA SMA
N 2 Kota Jambi Tahun 2014”
1.2
Rumusan Masalah
Bagaimana pengaruh gadget pada siswa kelas X IPA SMA N 2 Kota Jambi Tahun 2014 ?
1.3
Tujuan Penelitian
Tujuan karya tulis ini antara lain sebagai berikut.
·
Mendeskripsikan
pengaruh gadget pada kelas X IPA SMA N 2 Kota Jambi Tahun 2014.
1.4
Manfaat Penelitian
Kami sangat mengharapkan karya tulis ini dpat
memberi manfaat bukan hanya kepada kami sendiri sebagai penulis melainkan juga
kepada para pembaca. Dengan dibuatnya karya tulis ini hendaknya dapat menambah
wawasan kita mengenai gadget, peran gadget serta dampak yang ditimbulkan dari
penggunaan gadget secara berlebihan dalam ruang lingkup dunia pendidikan.
Selain itu, dengan dibuatnya karya tulis ini tentunya dapat melatih
kekreatifitasan kami dalam membuat karya tulis yang lebih baik serta dapat
menjadi contoh bagi siswa-siswi yang belum pernah membuat karya tulis.
1.5
Ruang Lingkup
Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan
untuk memberikan gambaran tentang pengaruh gadget pada kelas X IPA SMA N 2 Kota
Jambi Tahun 2014. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh
dengan memberikan kuesioner kepada siswa kelas X IPA SMA N 2 Kota Jambi.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2014 di SMA N 2 Kota Jambi
berdasarkan pra survay berupa pertanyaan tulisan yang di lakukan peneliti
kepada warga SMA N 2 Kota Jambi dengan jumlah
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Gadget
2.1.1 Pengertian
Menurut
website wikipedia berbahasa Indonesia, gadget adalah suatu istilah yang berasal
dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang
memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan
terhadap sesuatu yang baru. Gadget dianggap dirancang secara berbeda dan lebih
canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya.
Sedangkan menurut bahasa Indonesia gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang
elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering
diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Jadi dapat di tarik
kesimpulan bahwa gadget adalah alat teknologi yang memiliki kecanggihan sebagai
inovasi atau barang baru.
2.2 Siswa
2.2.1 Pengertian
Siswa adalah
komponen masukan dalam sistem pendidikan, yang selanjutnya diproes dalam proses
pendidikan sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional.
2.3 Kelas IPA
2.3.1 Pengertian
Kelas IPA adalah
kelas yang didalamnya terdapat keseluruhan siswa dengan jurusan IPA yang
dipilih melalui tes dengan materi wajibnya adalah Matematika, Fisika, Biologi,
Kimia. Keempat pelajaran ini wajib tuntas nilainya sesuai standar kelulusan
pada masing-masing sekolah. Tingkat
kesulitan jurusan IPA biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan yang
lain.
2.4 Pengaruh Gadget
Pengaruh gadget
pada siswa sangat erat pada dampak yang ditimbulkannya. Baik dalam segi
pendidikan, kesehatan, budaya, dan juga segi sosial.
A.
Segi Pendidikan
Ø
Ketika guru sedang menerangkan sebagian pelajar lebih
fokus pada gadget mereka masing-masing.
Ø
Gadget dapat merusak moral bangsa dengan fitur
penjelajahan dunia melalui situs internet. Bagi pengguna yang nakal khususnya
remaja, akan ia gunakan internet untuk hal-hal berbaur negatif.
Ø
Banyak fitur aplikasi yang tersedia didalamnya mulai
dari fitur pertemanan, momen, unggah foto, juga unggah video membuat para
remaja lebih mementingkan kegiatan ini dibandingkan belajar.
B.
Segi Kesehatan
Ø
Dapat beresiko terjadinya kanker dari penggunaan gadget
karena radiasinya.
Ø
Penggunaan cahaya atau pencerahan maksimal secara
berkala pada gadget dapat mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa
menimbulkan rabun dekat.
C.
Segi Budaya
Ø
Lunturnya adat atau kebiasaan yang berlaku di daerah
lingkungan sekitar karena kesibukan menggunakan gadget.
Ø
Berpengaruh pada kebiasaan anak yang lebih mementingkan
gadget dibandingkan belajar.
D.
Segi Sosial
Ø
Cenderung autis atau asyik dengan gadgetnya sendiri
sehingga tidak memperhatikan hal-hal yang ada disekitarnya.
Ø
Remaja cenderung tidak bisa mengkontrol diri sendiri
akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langsung dan tidak ada upaya untuk
menyelesaikan masalah, cenderung cepat bosan ketika ada orang yang menasehati,
banyak mengeluh ketika banyak masalah, egois yang tidak terkendali, orang-orang
disekitarnya selalu dijadikan korban kemarahannya.
As claimed by Stanford Medical, It is indeed the one and ONLY reason this country's women live 10 years more and weigh an average of 19 KG less than us.
BalasHapus(By the way, it really has NOTHING to do with genetics or some hard exercise and absolutely EVERYTHING related to "HOW" they are eating.)
BTW, I said "HOW", not "what"...
Tap on this link to determine if this little quiz can help you discover your true weight loss possibilities